For professional websites please choose the best web hosting company.

PS KUKM

PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Sunday, 17 April 2011 17:40

 

 

PUSAT STUDI KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (PS. KUKM)

LATAR BELAKANG

Universitas Esa Unggul sebagai Perguruan Tinggi memiliki suatu Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat yang merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam pengembangannya pada tahun 2002, sesuai dengan misi dan visi dari pendirian Universitas yaitu menciptakan wirausaha terdidik dikalangan Perguruan Tinggi serta turut membantu pemerintah dalam membantu Usaha Kecil Menengah di Indonesia, maka didirikan Pusat Studi Koperasi & Usaha Kecil Menengah. Pusat Studi ini, yaitu suatu lembaga yang mengkhususkan dalam Penelitian dan Pembinaan Bisnis Usaha Kecil Menengah.

Pendirian Pusat Penelitian dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah selain sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengenai penelitian dan pengabdian masyarakat juga didasarkan pada pemikiran agar kiranya kalangan Universitas memberikan dukungan dan kontribusi yang nyata dalam mencetak generasi-generasi yang berguna dan bersaing khususnya dalam jiwa wirausaha.

Selain itu, terpuruknya perekonomian merontokkan sebagian besar bisnis konglemerasi yang ada di negara kita, yang menimbulkan gelombang krisis ekonomi yang masih dirasakan sampai saat ini. Kondisi diatas merupakan suatu pelajaran berharga, bahwa sistem konglomerasi ternyata tidak bisa diandalkan di Indonesia.

Sebaliknya usaha kecil yang berbasiskan ekonomi rakyat terbukti mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi krisis. Jika ditangani dengan baik, dikemudian hari akan menjadi suatu kenyataan bahwa Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menjadi motor penggerak perekonomian nasional yang handal.

Untuk mewujudkan kenyataan tersebut, sumber daya alam (SDA) Indonesia yang kaya perlu dikelola oleh sumber daya manusia dan wirausaha yang unggul, berjiwa gigih dan ulet serta mempunyai kemampuan bersaing di pasar domestik dan internasional.

Menghadapi tantangan dan permasalahan diatas, Pusat Studi Koperasi & UKM (PS. KUKM) yang bernaung dibawah LPPM Esa Unggul, didirikan untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis dalam peningkatan kemampuan manajerial usaha serta kemampuan bersaing di pasar domestik dan internasional.

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan pendirian PS. KUKM adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia, kemampuan manajerial dan kewirausahaan bagi pebisnis baik pengusaha kecil maupun menengah, agar memiliki daya saing yang tinggi dan kinerja optimal sehingga tumbuh dan berkembang menjadi pengusaha yang sehat, mandiri, tangguh, andal dan berkembang.

Adapun bidang kajiannya antara lain meliputi :   Pengelolaan Bisnis UKM dan Perencanaan Bisnis UKM.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka kegiatan yang dilakukan oleh PS. KUKM adalah berupa kegiatan pembinaan dan penelitian dengan memberikan :

· Pengetahuan dan wawasan bisnis yang luas, sehingga memperkuat motivasi pebisnis untuk peningkatan dan Presentasi kelompok Rencana Usaha pengembangan bisnis dalam menghadapi era global.

· Keterampilan manajerial dalam mengelola perusahaan yang meliputi aspek pembukuan dan administrasi, personalia sampai dengan aspek produksi serta pemasaran sehingga menjadi pengusaha kecil yang sehat, mandiri, tangguh dan handal.

· Memberikan akses kemitraan dengan lembaga terkait dalam hal permodalan, pemasaran, teknologi dan informasi serta akses lain untuk pengembangan usaha bagi pebisnis.

· Melakukan pembinaan lapangan berupa supervisi, yang sekaligus merupakan penelitian PS. KUKM yang outputnya sebagai dasar dalam pembinaan di kemudian hari (berikutnya).

LINGKUP KEGIATAN

Lingkup kegiatan dalam program ini, meliputi 3 kegiatan pokok yaitu,.

1. Pra Diklat

· Identifikasi data mitra binaan di wilayah kerjanya.

· Identifikasi potensi dan kendala bisnis/kewirausahaan mitra binaan.

· Menyusun/kompilasi data kebutuhan mitra binaan sebagi dasar dalam melakukan diklat dan pembinaan.

· Merancang dan menyusun program pelatihan (disesuaikan dengan kebetuhan mitra binaan hasil identifikasi pra diklat)

2. Pendidikan dan Pelatihan

· Mengadakan pelatihan dalam kelas (teori dan praktek) manajemen dan kewirausahaan bagi mitra binaan.

· Mengadakan Out Bound bagi mitra binaan.

· Menyusun rencana pengembangan usaha.

3. Pembinaan Pasca Diklat

· Monitoring dan supervisi ke lokasi mitra binaan.

· Layanan konsultasi dan informasi bisnis.

· Mengadakan pameran- pameran (tentativ)

· Pemberian kemitraan usaha.

· Pemberian akses pengembangan bisnis seperti akses bisnis pemasaran, teknologi, desain permodalan dan  lain-lain.

4. Evaluasi dan Pelaporan

· Evaluasi hasil pembinaan setiap 3 bulan sekali

· Pelaporan hasil kegiatan yang

· meliputi : Laporan diklat , evaluasi 3 bulanan dan laporan akhir.

5. Metodologi

a.  Pendidikan dan Pelatihan

· Diklat dan pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan hasilobservasi lapangan secara langsung ke usaha dengan mengisi instrumen merumuskan peta kondisi dan kebutuhan diklat mitra binaan. Metode diklat menggunakan pendekatan competency based training yaitu metode diklat yang berorientasi pada penguatan ketrampilan mitra binaan

· Teknik belajar mitra binaan menggunakan studi kasus dan roleplaying serta penugasan.

b. Pembinaan dan Pengembangan Pasca Diklat

· Supervisi dan monitoring ke lokasi usaha mitra binaan.

· Layanan konsultasi dan informasi bisnis.

· Pemberian akses pengembangan kemitraan usaha kecil dalam bidang produksi dan pemasaran.

· Inkubasi bisnis khususnya bagi mitra binaan yang mempunyai teknologi dalam proses produksinya.

6.     Materi Diklat

a.     Silabus Materi

· Kebijakan pemerintah yang terkait dengan pembinaan pengusaha kecil dankoperasi.

· Achived Motivation Training / Business Motivation Training (TM/BMT), atau kegiatan permainan kepaduan tim dan motivasi individu.

· Bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia.

· Bidang peningkatan produksi.

· Bidang pengetahuan akuntansi dan keuangan.

· Teknik perencanaan dan pengembangan bisnis.

· Kontrak bisnis.

· Teknik lobi dan negosiasi bisnis.

b.  Metode Diklat

Metode pelatihan in class yang dipilih meliputi metode andragogi,participatory dan diskusi. Pelatihan ini akan menggunakan pendekatanCompetency Based Training (CBT) yang akan dikombinasikan dengan pembahasan/ diskusi aktif studi kasus nyata yang terdapat pada industri kecil dan koperasi dalam

c.  Instruktur

Tim instruktur yang akan dipilih dalam pelatihan in class antara lain berasal dari unsur :

· Perguruan Tinggi.

· Instansi pemerintah atau BUMN yang terkait

· Asosiasi pengusaha dan profesional

· Praktisi bisnis

 

 


 

PS KUKM Esa Unggul

Pusat Studi Kewirausahaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Pusat Studi Kewirausahaan & UKM (PS. KUKM), pertama kali berdiri masih bernaung dibawah LPPM Universitas Esa Unggul, didirikan untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis dalam peningkatan kemampuan manajerial usaha serta kemampuan bersaing di pasar domestik dan internasional.

MISI dan VISI


Menciptakan wirausahawan terdidik dikalangan Perguruan Tinggi serta turut membantu pemerintah dalam membantu Usaha Kecil Menengah di Indonesia

 

Tujuan pendirian PS. KUKM

 

Adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia, kemampuan manajerial dan kewirausahaan bagi pebisnis baik pengusaha kecil maupun menengah serta menciptakan wirausaha baru di kalangan Perguruan Tinggi terutama di Universitas Esa Unggul

Last Updated ( Saturday, 23 April 2011 00:18 )
 
free pokerfree poker