For professional websites please choose the best web hosting company.

Program dan Kegiatan PSKUKM Esa Unggul

PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Sunday, 17 April 2011 18:56

Pelaksanaan Program Penciptaan Wirausaha Mahasiswa di UEU dibagai dalam 3 proses kegiatan. Diawali dari semester awal mahasiswa masuk perguruan tinggi, diberikan materi motivasi usaha dengan 1 sks sampai dengan proses 3 yang merupakan tahapan proses akhir dalam penciptaan wirausaha baru. Tahapan 3 proses dan penjelasannya dapat dilihat dalam bagan berikut ini:

ProsesPembinanMahasiswaBaru

Penjelasan proses pembinaan Wirausaha Baru Mandiri:

Proses 1 (pertama)

Dalam pembinaan awal (pertama), dimulai sejak mahasiswa masuk di perguruan tinggi. Pada semester awal ini diberikan materi motivasi usaha, dengan penyampaian melalui metode klasikal. Materi diberikan 80% berkaitan dengan motivasi prestasi yaitu menggali kemampuan yang ada dalam diri sendiri dan 20% berkaitan dengan motivasi eksternal yaitu dorongan berprestasi dipengaruhi faktor-faktor dari luar individu. Dengan kegiatan awal tersebut mahasiswa sejak dini sudah diberikan dan ditanamkan jiwa kewirausahaannya, hal ini diharapkan sebagai bekal didalam menempuh jenjang pendidikan tinggi yang pada akhirnya setelah lulus akan menciptakan lapangan pekerjaan.

Pembekalan proses awal (pertama) ini, dilanjutkan dengan pemberian mata kuliah kewirausahaan di semester VI. Akhir dari kuliah mereka diminta untuk membuat dan mempresentasikan proposal usaha yang diminati sebagai syarat untuk pembinaan proses berikutnya.

Proses 2 (kedua)

Memasuki tahap ini, dipilih dan diseleksi mahasiswa yang berminat untuk menjadi wirausaha. Kegiatan pada proses ini merupakan lanjutan dari kegiatan proses 1 (pertama)

dengan kegiatan pembinaan sebagai berikut:

1. Pelatihan kewirausahaan, fokus pada pematangan proposal usaha yang telah dibuat pada proses 1 (pertama) berupa;

· Memantapkan rencana pemasaran dengan kondisi lingkungan yang ada

· Memantapkan rencana produksi sesuai dengan kondisi pemasaran yang ada

· Memantapkan manajemen dan legalitas usaha yang akan dibuat.

· Memantapkan rencana keuangan disesuai dengan sumber pendanaan dan pemasaran yang ada.

2. Kunjungan Tempat Usaha, merupakan langkah awal mahasiswa dalam mewujudkan rencana usaha yang telah didiskusikan dalam latihan. Hal-hal yang perlu digali oleh mahasiswa dalam kunjungan tersebut sebagai berikut;

· Latar belakang terbentuknya usaha/perusahaan

· Sasaran dan target pemasaran

· Proses produksi (kalau ada)

· Bahan baku yang diperlukan

· Struktur permodalan

· Pengelolaan manajemen usaha

· Dan yang terpenting adalah, gambaran hal-hal yang dapat dikerjasamakan oleh calon wirausaha (membuka net working)

3. Pemagangan, adalah proses akhir sebelum rencana usaha dijalankan. Pemagangan difokuskan pada realisasi rencana usaha, dengan demikian tempat pemagangan dipilih berdasarkan peluang-peluang usaha yang akan dijalankan terutama dalam rencana pemasaran yang telah dibuat. Hal-hal yang digali dan dipelajari dalam pemagangan sebagai berikut;

  • Membaca peluang usaha dari tempat pemagangan.
  • Memahami peluang yang ada pada situasi ekonomi tertentu.
  • Membuat rencana kerja sesuai kondisi dan peluang yang ada
  • Menyusun strategi dan target pemasaran yang ingin dicapai disesuaikan dengan rencana usaha yang telah dibuat

Pada proses ini, mahasiswa dibimbing oleh seorang pembina serta Universitas/lembaga memfasilitasi didalam akses pasar, modal, manajemen dan teknologi melalui kerjasama antar; Dunia Usaha dan Industri (DUDI), Perbankan, dan Pusat Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi Dikmenti.

Proses 3 (ketiga)

Dalam proses ini merupakan bagian akhir dari kegiatan program penciptaan wirausaha baru, tapi merupakan langkah awal bagi peserta program dalam memasuki dunia bisnis yang sebenarnya. Kegiatan yang dilakukan dalam proses 3 (ketiga), merupakan cerminan kepedulian dari kegiatan TriDarma yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi, hal ini dapat dilihat dalam bagan diatas dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Pembinaan Lanjutan, pembinaan yang dilakukan merupakan kegiatan langsung ditempat usaha binaan melalui kegiatan supervisi (pemanduan) dengan materi sebagai berikut:

· Manajemen & Legalitas usaha

· Manajemen Pemasaran

· Administrasi keuangan usaha

· Manajemen Produksi

· Motivasi Bisnis

· Temu bisnis (membantu membentuk net working)

Tahap ini merupakan kegiatan didalam memecahkan permasalahan usaha yang menjadi kendala bagi peserta program binaan, melihat bentuk kegiatannya merupakan program pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu dari kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

2. Monitoring dan Evaluasi, kegiatan ini merupakan pengkajian dan penelitian evaluasi program yang dilaksanakan. Peserta Program di monitoring dan di kaji serta di evaluasi melalui ukuran yang telah ditetapkan.

Tiga tahap kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan

  • Tahap Pembentukan jati diri usaha

Merupakan tahap untuk melihat jati diri wirausaha baru didalam menekuni serta keseriusan usaha yang dijalankan, apakah dalam kurun waktu 1 – 2 tahun usaha yang dilakukan ada tanda-tanda perkembangan ? atau dalam kurun waktu tersebut telah berganti jenis usaha ? atau sudah tidak ada usaha lagi ?.

  • Tahap Pertumbuhan Usaha

Dalam tahap ini melihat perkembangan usaha, apakah dalam kurun waktu 3 – 5 tahun perkembangan usahanya tumbuh berdasarkan rencana usaha awal yang dibuat ?.Apakah pertumbuhan usaha awal menggunakan 100% modal sendiri dari hasil usaha yang ditanamkan kembali ?, atau ada sebagian modal pinjaman?, atau juga sebagian besar berasal dari pinjaman ?. Kondisi-kondisi tersebut dimonitoring dan dievaluasi yang merupakan dasar penilaian keberhasilan program.

  • Tahap Pendewasaan Usaha

Pendewasaan usaha merupakan tahap kematangan didalam usaha yang ditekuninya. Dalam kurun waktu 6 – 10 tahun pada tahap pendewasaan ini seorang wirausaha mempunyai suatu kematangan usaha yang ditunjukan dengan pendelegasian wewenang atas usahanya. Ia mulai mengangkat seorang manajer untuk menjalankan usahanya, dan Ia mulai mencari peluang usaha yang lain dan membuka usaha yang baru dengan sumber dana berasal dari laba usaha yang pertama.

Last Updated ( Wednesday, 27 April 2011 11:54 )
 
free pokerfree poker